Khamis, 2 Jun 2016

Pisau belati di paha Mumia Firaun terbuat dari meteorit asli

Pisau belati Firaun Tut yang terbuat dari meteorit. (Foto: dok. Daniela Comelli)
Pisau belati Firaun Tut yang terbuat dari meteorit. (Foto: dok. Daniela Comelli)
 
Kaherah – Kajian terbaru mengungkap pisau belati yang ditemui di paha kanan mumia Firaun Tutankhamun ternyata terbuat dari meteorit asli. Fakta ini diperoleh pasukan pengkaji dari Itali  dan Mesir melalui hasil x-ray.
Pisau itu diketahui terbuat dari bahan logam antikarat dan logam homogen. Kerangkanya juga terpahat dengan sangat baik. Dengan dekorasi motif bunga lili menghiasi satu sisi sarungnya yang berwarna keemasan dan satunya lagi berhiaskan pola sayap dengan kepala serigala bertengger di hujungnya.
 
“Kandungan meteorit besi jelas sekali terindikasi dari persentase nikel yang membentuk pisau tersebut,” kata Daniela Comelli, pengkaji dari Departemen Fizikal Politeknik Milan, sebagaimana yang disitat dari Discovery News, Rabu (1/6/2016).
Hal yang membedakan pisau yang ditemui di makam Raja Mesir tersebut dengan pisau belati lainnya ialah kandungan nikelnya yang mencapai 11 persen. Padahal, pisau biasa hanya terdiri dari paling banyak empat persen logam nikel.
Senjata tajam itu kini dipamer di Museum Mesir di Kaherah. Menariknya, pisau belati ini bukanlah satu-satunya benda langit yang ditemui di makam anak raja tersebut. Hiasan dada, kalung, dan azimat berbentuk kumbang kotoran yang dipakainya juga berasal dari kaca silica Libya, yang terbentuk dari butiran pasir meteorit atau komet yang jatuh ke Bumi.
 
http://idahsalam.blogspot.my/

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Anda Berkenan .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...