Isnin, 3 Februari 2014

Info - Fakta tersembunyi yang disimpan oleh metabolisme tubuh

7 Fakta tersembunyi yang disimpan oleh metabolisme tubuh 
Metabolisme tubuh berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk mencerna setiap kalori yang masuk di dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi.. Seringkali Anda menemui orang yang makan dengan jumlah banyak namun berat badannya tetap atau bahkan tubuhnya cenderung kurus. Hal itu disebabkan karena orang tersebut dianugerahi oleh sistem metabolisme tubuh.

Selain hal tersebut, berikut adalah hal lain yang harus Anda ketahui berkaitan dengan metabolisme tubuh seperti dilansir dari magforwomen.com.


Metabolisme ditentukan oleh gen
Sebagian besar gen yang berada di dalam tubuh Anda ditentukan oleh gen. Orang yang mempunyai BMR atau Basal Metabolic Rate yang tinggi dapat membakar kalori dengan jumlah yang banyak.

Aktivitas fisik mampu meningkatkan metabolisme
Aktivitas fisik yang rutin seperti senam atau olahraga ringan ampuh untuk meningkatkan BMR. Gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan hiperkolesterolemia merupakan konsekuensi dari rendahnya BMR yang dipicu oleh buruknya gaya hidup.

Metabolisme membantu menyesuaikan kalori yang dibutuhkan tubuh
Setiap individu membutuhkan asupan kalori yang berbeda tergantung kemampuan metabolismenya. Oleh karena itu sangat penting apabila masing-masing individu mengetahui jenis metabolisme yang dimilikinya sehingga mereka dapat mengetahui kebutuhan kalori hariannya.

Kondisi kesehatan dapat mempengaruhi metabolisme
Berbagai macam gangguan kesehatan dapat mengacaukan sistem metabolisme Anda. Sebagai contoh ketidakseimbangan jumlah hormon tiroid di dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan drastis pada sistem metabolisme tubuh Anda.

Makanan dapat mempercepat sistem metabolisme
Beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu mempercepat tingkat metabolisme tubuh Anda. Seperti teh hijau, bawang putih, dan cuka sari apel.

Metabolisme dapat melambat karena usia
Saat usia Anda bertambah, metabolisme tubuh Anda dapat melambat. Hal ini disebabkan oleh penurunan massa otot dan aktivitas fisik yang terjadi saat usia Anda bertambah.

Rasa lapar dapat memperlambat metabolisme
Saat Anda lapar dan melompati jam makan, maka ketersediaan kalori di dalam tubuh Anda akan rendah. Sehingga hal tersebut akan berdampak pada melemahnya sistem kerja metabolisme di dalam tubuh.

Sistem metabolisme tubuh berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu tingkatkan kualitas sistem metabolisme tubuh Anda dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.
 http://www.merdeka.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...