Ahad, 13 Disember 2015

Kenali Makanan Ini Bersihkan Paru-Paru Dalam 72 Jam

Bahkan para perokok pun tahu bahaya merokok bagi kesehatan tapi tidak semua dari mereka mampu berhenti terutama jika telah menjadi perokok aktif selama bertahun-tahun. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas empat jenis makanan yang terbukti dapat membersihkan paru-paru secara instan. Semua perokok wajib membaca artikel ini.

Salah satu dampak paling merugikan dari rokok adalah efek candu yang ditimbulkannya. Penyebabnya adalah nikotin yang merupakan zat adiktif yang menimbulkan perasaan candu dalam diri perokok. Nikotin mempengaruhi keseimbangan kimiawi dalam otak terutama hormon dopamine dan norepinephrine yang mengendalikan rasa puas, rileks dan bahagia.

 



Makanan untuk membersihkan paru-paru

Jika seseorang mengisap rokok, nikotin di dalamnya akan merangsang otak untuk memproduksi sedikit dopamin, akibatnya si perokok akan merasa rileks dan nyaman. Alam bawah sadar kemudian terus menerus meminta agar dopamin diproduksi lebih banyak, caranya dengan terus menambah asupan rokok.

Sayangnya kebiasaan merokok ini berdampak pada organ tubuh yang lain. Sebatang rokok diketahui mengandung ratusan zat kimia berbahaya seperti amonia, karbon monoksida, nikotin, kromium, kadmium, timbal, dan lain-lain. Memasukkan bahan-bahan kimia ini ke dalam tubuh sama dengan meracuni tubuh sendiri.

Sebuah penelitian pernah dilakukan terhadap paru-paru perokok. Hasilnya, orang yang menghabiskan satu bungkus rokok setiap hari berisiko mengalami kanker paru-paru 20 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok, dimana sebagian besar kasus kanker paru-paru baru muncul ketika perokok telah mencapai usia di atas 40 tahun.

Selain kanker, perokok juga berisiko mengalami infeksi paru-paru yang ditandai dengan gejala batuk menahun dan sering bercampur darah. Pada umumnya perokok mengabaikan gejala ini sampai akhirnya struktur paru-paru jadi rusak sehingga tidak dapat berfungsi normal dan akhirnya akan menimbulkan komplikasi pada jantung.

Tidak ada cara untuk menghindari penyakit-penyakit di atas selain berhenti merokok secara total dan mulai menjalani gaya hidup yang sehat. Tapi bagi anda yang masih sangat sulit berhenti merokok, di bawah ini beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk membersihkan paru-paru anda dari racun dan zat kimia berbahaya.

4 Makanan Untuk Membersihkan Paru-Paru

Kabar baiknya adalah para ilmuwan baru-baru ini mengumumkan beberapa jenis makanan yang terdiri dari buah dan sayuran yang mengandung zat yang dapat membersihkan paru-paru dari zat kimiawi dari rokok secara instan. Berikut ini daftarnya:

1. Jahe

Jahe memiliki sifat antiseptik dan antibakteri dan juga membantu saluran bronkial untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dari paru-paru. Manfaat yang umumnya langsung terasa oleh perokok setelah mengonsumsi jahe adalah pernafasan jadi lega dan plong. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mengunyah sepotong jahe segar untuk membuka saluran pernafasan yang tersumbat.

2. Jeruk bali

Jeruk bali memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan terutama untuk melawan kanker paru-paru. Buah ini sangat kaya dengan antioksidan yang dapat membantu tubuh mencegah sel kanker tumbuh tak terkendali.

Menurut seorang peneliti bernama Dr. Corrine Hanson, grapefruit atau jeruk bali juga kaya vitamin C yang menyebabkan buah ini memiliki kemampuan menghambat kerja enzim yang dapat mengaktifkan sel kanker paru-paru. Perbanyaklah mengonsumsi jeruk bali jika anda seorang perokok aktif.

3. Selenium

Selenium adalah mineral yang merangsang enzim dan bersama-sama dengan vitamin E membantu dalam memperkuat membran paru-paru. Hasil penelitian menyebutkan kadar selenium dalam tubuh berbanding terbalik dengan jumlah sel kanker. Artinya jika selenium banyak maka sel kanker akan menurun atau bahkan hilang, begitu pula sebaliknya.

Mineral Selenium banyak ditemukan dalam semangka, jamur, tiram, bayam dan ubi jalar. Jika anda seorang perokok, anda wajib mengonsumsi makanan-makanan tersebut untukmeningkatkan daya tahan tubuh dan membersihkan paru-paru anda dari racun.

4. Bawang Putih

Sebuah penelitian pernah dilakukan di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention di China. Hasil riset menyebutkan rajin mengonsumsi bawang putih minimal dua kali seminggu dapat menurunkan akan menurunkan risiko kanker paru sampai 44%.

Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk menghilangkan inflamasi dalam tubuh.

Demikian empat buah makanan yang dapat membersihkan paru-paru dari racun akibat merokok. Selain keempat makanan tersebut, anda juga bisa mengonsumsi sirsak sebagai pengobatan penyakit kanker. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik like dan sebarkan artikel ini ke teman anda yang perokok aktif.
 

KertassPutih.My

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...