Rabu, 1 Julai 2015

7 Amalan Utama di Bulan Puasa yang Mendekatkan Surga


 Bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat, ampunan. Dalam bulan ini, umat islam selain beribadah puasa, juga memperbanyak ibadah-ibadah lainnya.

Diharapkan dengan menjalankan ibadah semaksimal mungkin, mereka bisa terhindar dari siksa api neraka. Lalu amalan apa saja di bulan puasa yang bisa mendekatkan ke surga, berikut 8 diantaranya:




1. Menyegerakan berbuka puasa, dan melambatkan makan sahur

Beberapa orang karena kesibukan pekerjaan yang harus online 24 jam per hari, kadang kurang memperhatikan jam buka puasa. Karena itu meski tetap sibuk, sebaiknya  mempersiapkan diri lebih awal untuk berbuka. Ngabuburit dengan mendengarkan kultrim (kuliah 3 menit) yang disediakan liputan6.com misalnya.

Sebaliknya jika makan sahur, sebaiknya disarankan makan sahur lebih baik saat mendekati imsak.  Karena pada sahur itu terdapat berkah.
2. Salat tarawih
Salat yang dilakukan setelah salat wajib Isya ini, meskipun hukumnya sunnah, tapi harus diutamakan. Sebenarnya salat tarawih bisa dilakukan di rumah, namun kebanyakan umat islam lebih memilih salat di masjid.
3. Memperbanyak membaca al Quran
Ayat Al Quran pertama kali diturunkan pada bulan Ramadan. Kegiatan utama selain berpuasa adalah memperbanyak membaca Quran. Minimal ditargetkan sekali qatam. Selain itu dalam membaca harus juga dipahami maknanya, sehingga setelah selesai membaca kita bisa menjadi insan yang lebih baik.

4. Memberi makan buka puasa kepada orang-orang yang berpuasa
Ibadah mulia ini dapat kita manfaatkan bersama tetangga atau anak-anak yatim yang bermukim disekitar rumah. Atau dengan membuat program buka bersama di panti jompo atau di keluarga-keluarga miskin. Tujuan aktivitas ini untuk melatih diri agar nanti setelah puasa kegiatan berbagi menjadi sebuah kebiasaan.

5. Bersedekah

Berbuat baik pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Tuhan, karena itu tidak ada salahnya pada kesempatan ini lebih banyak berbagi dengan orang-orang yang tidak mampu. Ada banyak cara untuk berbagi misalnya dengan memberikan bingkisan sembako atau kebutuhan lain yang mereka perlukan. Semakin banyak kita bersedekah semakin baik, bukankah harta kita yang sebenarnya adalah yang kita sedekahkan kepada orang yang membutuhkan?

6. I”tikaf

Itikaf  artinya berdiam sejenak di masjid. Ibadah ini dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan karena pada momen ini terdapat malam lailatul Qadr pada malam-malam ganjil. Malam lailatul Qadr adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

7. Memperbanyak shalat sunnah lainnya.

Selain salat tarawih beberapa salat sunnah lain yang sebaiknya dikerjakan pada bulan Ramadan adalah salat witir, salat dhuha, dan salat tahajud.

Dengan melakukan semua amalan di atas dan menjauhi kebiasaan buruk lainnya, semoga kita bisa lebih dekat dengan surga.
 http://citizen6.liputan6.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Anda Berkenan .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...