Rabu, 13 Mac 2013

Pemandangan Kampung Pinggir Sungai Tercantik di Dunia


Kampung di bantaran kali itu biasanya menyatu dengan sistem transportasi waterways di sungai atau anak sungai (kanal).Berikut kampung di bantaran kali cantik yang ada di dunia :
 
 
 
 
1.Thailand


Perkampungan di kanal Klong Damnoen Saduak, di Provinsi Ratchaburi, Thailand ini. Klong dalam bahasa Indonesia berarti kanal. Di kanal ini, bangunan menghadap ke sungai sempit atau kanal yang difungsikan sebagai pasar apung.

Kanal ini bisa dicapai dari Bangkok melalui Klong Saen Saeb. Terlihat ruwet ya, karena ada aktivitas pasar apung di kanal ini. Tapi lihat, tak ada sampah di sungainya membuat penduduk leluasa melakukan kegiatan ekonomi.

2. China


Perkampungan di kanan-kiri Kanal Suzhou di bagian timur China ini. Kanal ini merupakan anak Sungai Yangtze. 

Kota air ini didirikan pada abad ke-5 SM, yang dihiasi taman dan jembatan-jembatan batu. Kanal ini dijuluki 'Venesia dari China' dan dahulu merupakan jalur perdagangan sutra karena mendekati Grand Canal, jalur sungai perdagangan terbesar di dunia.

3. Vietnam


Desa nelayan ini terletak di sepanjang sungai di Hoi An, pelabuhan internasional sejak abad ke-16, kendati kini pusat kegiatan perkapalan sudah dipindahkan ke Da Nang.

Lihatlah bangunan-bangunan di pinggir kali itu tampak kuno, bergaya arsitektur China. Lampion-lampion warna-warni tampak indah menghiasi bangunan itu yang sepanjang bantarannya bersih.

Tak heran kawasan ini disebut 'Venesia dari Vietnam'.

4. Indonesia


Indonesia memiliki kampung di pinggiran Kali Code, Yogyakarta. Kampung pinggir kali yang dulunya kumuh, namun karena sentuhan sastrawan sekaligus rohaniawan dan budayawan, YB Mangunwijaya alias Romo Mangun, Kali Code ini menjadi tertata rapi dan bersih.

Bahkan rancangan pemukim-an Romo Mangun di tepi Kali Code ini menerima penghargaan bidang arsitektur Aga Khan Award. Karena berhasil menata perumahan warga miskin yang kumuh di pinggiran Kali Code, penulis novel 'Burung-burung Manyar' ini menjadi salah satu arsitek terbaik di Indonesia.

5. Belgia


Bruges merupakan kota air sejak abad pertengahan di Belgia, Eropa. Dahulu kanal kota air ini merupakan jaringan penting bagi para pedagang untuk membawa barang dagangannya menuju pasar di Water Halls.

Kini, perkampungan dan bangunan di kanan-kiri kanal ini masih awet dan terpelihara. Pemandangannya yang indah menjadikannya jujugan turis-turis.

6. Belanda


Amsterdam, ibu Kota negara Belanda ini memiliki 3 kanal utama yaitu, Herengracht, Prinsengracht, dan Keizersgracht yang mengelilingi kota. Ada sekitar 100 km kanal dan 1.500 jembatan di Amsterdam.

Di kanan-kirinya, ada 1.550 gedung bersejarah. Para warga dan turis bisa menikmati keindahan kanal dengan perahu.

7. Italia


Aha! Ini bukan lagi kampung yang dibangun di bantaran sungai, namun kampung yang dibangun di atas sungai. Venesia, kota air di Italia ini sudah kondang sejagat. Kota seluas 412 km persegi ini sudah ada sejak abad ke-9 M. 

Bangunan-bangunan bergaya Italia ini berjajar dan berpadu cantik di atas 150 kanal. Perahu, termasuk gondola adalah alat transportasi utamanya. Nikmati denyut kota air ini dengan mendayung perahu secara perlahan. Tak ada kebisingan kendaraan bermotor di kota yang romantis ini.

http://sorsow.blogspot.com/sumber: forum.viva.co.id/

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...