Isnin, 22 September 2014

Mesin Paling Gergasi Di Dunia Yang Jarang Dilihat

Kemajuan teknologi yang semakin pesat ternyata tidak membuat orang berpikir untuk menciptakan sesuatu yang lebih kecil dan ringan, malah tidak kurang juga mencipta sebuah mesin yang besar dari kebiasaan.

Jadi Jom kita selongkar 10 buah mesin yang terbesar di dunia.

10. Hadron Collider
Ini merupakan salah satu mesin paling besar di dunia, anehnya mesin sebesar ini digunakan untuk mempelajari komposisi terkecil yang kita kenal sebagai struktur atom. Pertama kali diciptakan pada tahun 1930, mesin ini digunakan untuk menyelidik partikel fizikal manusia.

Hadron Collider yang terletak dekat Geneva, Swiss ini memiliki keliling lingkaran sekitar 17 mil dan ditanam sedalam 574 meter di bawah tanah. Mengikut perancangan, para ilmuan akan membuat mesin seperti ini lagi di bawah tanah dan besarnya adalah tiga kali dari Hadron Collider.
 


9. Bagger 293
Bagger 293 merupakan mesin penggali terbesar di dunia yang pernah diciptakan. Mula dibangunkan di Jerman pada tahun 1995, mesin ini memiliki ketinggian 315 kaki (96 meter), sepanjang 740 kaki (225 meter) dan seberat 31 juta pound. Mesin ini menggunakan lima operator untuk mendorong secara sama dan serentak, dan dapat memindahkan 8,5 juta kubik tanah per hari.

Teruskan Selongkar...


8. Bertha
Bertha adalah sebuah nama yang diberikan untuk bor terowongan terbesar di dunia. Mesin ini memiliki panjang 300 kaki (91 meter), berat sekitar 7.000 ton dan berdiameter sekitar 17,5 meter. Namun, pada tanggal 6 Desember 2013 lalu, mesin ini dihentikan penggunaannya. Meskipun sudah dihentikan, tapi mesin ini tetap termasuk salah satu mesin paling besar di dunia.

7. La Princesse Spider
Di Liverpool, labah-labah mekanik raksasa bernama La Princesse pernah menggemparkan kota liverpool apabila di bawa di jalan-jalan di sekitar kota. Mesin labah-labah besar ini memiliki berat 37 ton, tinggi 15 meter dan juga 50 sumbu hidrolik untuk bergerak dan memerlukan kekuatan 12 orang untuk mengemudikan labah-labah raksasa ini.

Beberapa orang yang melihat mesin labah-labah raksasa itu merasa ketakutan terutama anak-anak, mereka lebih memilih bersembunyi daripada melihat mesin laba-laba menakutkan ini.


6. Vending Machine Times Square

Beberapa pusat membeli belah memiliki beberapa cara unik untuk menarik perhatian orang ramai. Salah satunya pusat membeli belah yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia, Berjaya Times Square. Untuk memperingati ulang tahun yang ke 10, mereka memutuskan untuk membangun mesin vending gula-gula terbesar di dunia sehingga tercatat dalam guinnes world records.

Setidaknya memerlukan masa 6 bulan untuk merencana dan membangunkan mesin ini, dan 7 minggu untuk mendirikan vending machine ini. Beratnya adalah sekitar 7.000 pound (3.175 kg). Sebuah kapsul berdiameter 4,5 m yang menyerupai globe ini berdiri di atas kayu lapis.


5. Prelude Ship

Prelude merupakan kapal terapung terbesar di dunia yang turun ke perairan pertama kalinya di Korea Selatan. Pada dasarnya, Prelude bukanlah sebuah kapal, melainkan tempat menampung gas alam terapung yang dirancang untuk menangkap, memproses, dan menyimpan gas alam cair dari dalam bumi.

Kapal ini memiliki panjang sekitar 1.600 kaki (487 meter) dan lebar sekitar 243 kaki (74 meter). Ketika muatan dalam kapal sudah penuh, kapal ini  memiliki berat sekitar 600.000 ton. Selain itu, tangki yang digunakan untuk menyimpan minyak tanah ini memiliki kapasitas yang setara dengan 175 kolam renang Olimpik.


4. Big Bike

Ini merupakan sepeda motor paling besar di dunia yang diciptakan oleh warga asal Italia, Fabio Reggiani. Motor besar karyanya itu memiliki tinggi 5, 10 meter, berat 5,5 ton dan dilengkapi dengan mesin Chevrolet V8 5000cc liter.


3. Zollner Dragon Remote Control
Mainan yang menggunakan remote kontrol memang sangat menyenangkan, apatah lagi mainan remote kontrol itu sangat besar. Germany’s Zollner Electronic AG menghabiskan waktu 6 tahun, dengan teamnya yang terdiri dari 15 orang untuk merancang robot remote kontrol terbesar di dunia.

Robot yang mereka ciptakan menyeruapi seekor naga raksasa yang diberi nama naga Zollner. Naga itu memiliki bobot 11 ton dan dilengkapi dengan remote kontrol serta bisa menyemburkan api. Rentang sayapnya bisa mencapai 39 kaki (11,8 meter).

2. Mriya

Pesawat sememangnya sesuatu yang direka pada skala besar tapi tiada yang sebesar pesawat Mriya. Mriya menggunakan 6 mesin jet untuk terbang dan memiliki panjang 83,8 meter setinggi 17,9 meter. Selain itu, pesawat ini pernah dijadualkan untuk mengelilingi dunia sebanyak 46 kali.


1. Belaz Truck

Ini merupakan truk paling besar di dunia yang pernah dibuat yang diberi nama Belaz. Perusahaan yang membuat truk ini mengklaim, Belaz mampu membawa sekitar 450 ton kotoran dengan kelajuan 25 meter/jam
selongkar10

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Anda Berkenan .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...