Khamis, 4 September 2014

Tips - Bayi Anda Bosan? Beginilah Cara Mengatasinya

bayi1 Bayi Anda Bosan? Beginilah Cara Mengatasinya
SEPERTI layaknya orang dewasa, bayi pun akan mengalami rasa bosan. Bedanya, cara mengekspresikan rasa kebosanan tersebut, biasanya bayi akan menangis dan tidak mau diam. Ia cenderung ingin berpindah tempat dari tempat yang tengah disinggahinya. Apabila hal ini menimpa bayi Anda, apa yang harus dilakukan?

Jika bayi Anda merasa bosan, Anda dapat mengatasinya dengan cara-cara berikut.



1. Bereaksi Spontan
Dalam mengatasi bayi yang bosan Anda dapat melakukan reaksi yang membuat bayi Anda mengalihkan kebosanannya. Reaksi yang spontan dapat Anda lakukan tanpa menggunakan alat bantu. Misalnya saja dengan mengeluarkan suara-suara yang membuatnya tertarik atau mengajaknya mengalihkan pandangan pada sesuatu yang mencolok sehingga mengusir kebosannnya. Dengan reaksi yang responsive akan membantu mengalihkan bayi Anda ketika suasana bosan.

2. Berikan Ruang Gerak
Ketika bayi Anda diajak pada sebuah acara keluarga, maka Anda dapat membebaskannya untuk bermain di matras atau di kereta dorongnya dengan mainan favoritnya. Berikan kebebasan pada bayi Anda untuk berekspresi. Sesekali Anda dapat membuatnya menjadi pusat perhatian dan memberikan sapaan sehingga bayi Anda tidak larut dalam kebosanan.

3. Membawa Benda Favorit
Meskipun usianya masih terbilang hitungan bulan akan tetapi biasanya bayi memiliki benda favorit yang membuatnya nyaman dengan benda tersebut. Sebut saja benda favorit yang mungkin dapat digambarkan adalah boneka dengan warna yang mencolok atau benda yang dapat mengeluarkan bunyi. Akan tetapi yang harus Anda ingat bahwa benda favoritnya harus aman untuk bayi Anda. Usahakan tidak berukuran kecil atau memiliki ornament kecil apalagi bila bayi Anda sudah mulai terbiasa memasuki benda ke mulutnya.

4. Libatkan Anak Anda
Ketika Anda membawanya pada sebuah acara dengan durasi yang membuat bayi Anda rewel dan gelisah yang menjadi tanda kebosanan bayi, maka Anda dapat melibatkan bayi Anda sehingga tidak merasa sendiri. Anda dapat sesekali mengajaknya berbincang dan mengenalkan beberapa hal baru dalam suasana yang berbeda. Sehingga bayi Anda selain dapat bertahan pada sebuah acara juga membuatnya mengenal hal baru.

5. Berpindah
Bayi yang gelisah, rewel bahkan hingga menangis biasanya dipicu juga karena kondisi lingkungan yang membuatnya tidak nyaman. Kepanasan bisa menjadi salah satu pemicunya, sehingga Anda dapat mengajak bayi Anda untuk berpindah terlebih dahulu untuk mencari suasana baru. Ajaklah bayi Anda untuk berinteraksi sehingga membuatnya tidak bosan. Berada pada ruangan yang sama dalam waktu yang lama tidak hanya membuat bayi bosan, kadang-kadang sebagai orang dewasa juga mengalami hal tersebut. [rika/islampos/bidanku]

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Anda Berkenan .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...