Isnin, 21 April 2014

Berapa Banyak Kopi yang Sebenarnya Boleh Kita Minum Dalam Satu Hari?

Bagi kebanyakan dari kita, kopi telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan baik saat bangun pagi maupun saat bekerja. Tapi seperti yang telah diketahui, kopi atau tepatnya kafein adalah hal yang harus dihindari. Jadi sebenarnya dalam satu hari berapa banyak cangkir kopi yang boleh kita minum?

Apa yang Dapat Dilakukan Kopi Terhadap Kita?

 

Sebenarnya yang ingin kita bahas adalah dampak dari kafein dalam kopi. Tapi sebelum kita membicarakan mengenai hal ini, tentunya secara sekilas kita akan membahas mengenai apa itu kafein. Kafein sendiri adalah sebuah senyawa organik yang dapat ditemukan di daun, biji, atau buah dari tumbuh-tumbuhan.



Senyawa organik tersebut sebenarnya dihasilkan untuk melawan predator, namun untuk manusia hal itu malah akan menyebabkan kondisi sementara akan keterjagaan dan konsentrasi yang lebih baik. Kenyataannya, kafein adalah obat-obatan psikologi yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan mereka dapat ditemukan di teh, minuman berenergi, coklat, dan yang paling umum adalah kopi. Sayangnya, meminum terlalu banyak kafein ternyata terbukti dapat meningkatkan resiko kematian.


Secara singkat, kafein dapat menyebabkan darah tinggi, sakit kepala, dehidrasi, dan ketagihan. Karena inti dari artikel ini adalah terkait berapa banyak kopi yang boleh kita minum maka dampak lebih lanjut dari kopi dapat dilihat lebih lanjut pada artikel sebelumnya yakni Bagaimana Bir dan Kopi Dapat Mempengaruhi Anda.

Jadi Berapa banyak Kopi Yang Boleh Kita Minum Dalam Satu Hari?

Berapa banyak kopi yang boleh kita minum dalam satu hari?
Seabgai catatant, Dalam satu cangkir kecil kopi ada sekitar 60 hingga 120 mg kafein tergantung dari bagaimana ia diracik. Sedangkan rekor dosis yang pernah diminum seseorang adalah 100 g, ya gram, bukan miligram. 100 g itu setara dengan sekitar 1,200 cangkir kopi, namun tentunya mengkonsumsi kopi sebanyak itu berbahaya bagi siapapun.


Kafein sendiri memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap setiap orang, tergantung dari faktor gender, umur, berat tubuh, metabolisme, ketahanan dan banyak lainnya. Namun yang paling disarankan adalah kurang dari 4 cangkir dalam satu hari, dan lebih sedikit lagi jika umur Anda di atas 55 tahun, memiliki darah tinggi, penyakit jantung, atau sedang hamil. Sedangkan mengkonsumsi kafein lebih dari 600 mg (sekitar 7 cangkir) dalam satu hari sangat tidak disarankan.
 http://www.tahupedia.com/

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...